Tanda-Tanda Umum dan Gejala Kanker Ovarium Wanita Sering Mengabaikan

tanda-tanda dan gejala
Tanda-tanda umum dan gejalan kanker ovarium

Tubuh wanita selalu berubah. Terkadang perubahan yang tampak normal bisa menjadi tanda kanker.

Kuncinya adalah untuk memperhatikan tubuh Anda sehingga Anda dapat melihat ketika sesuatu yang berbeda. Gejala baru menunjukkan sesuatu telah berubah di tubuh Anda, dan Anda ingin tahu apa artinya itu.

 

Baca Juga:

Tanda-tanda awal untuk memastikan bahwa Anda hamil sebelum Anda melewatkan periode ini!

10 Tanda Bahwa Hati Anda Tidak Sehat

 

Menurut 1 juta Health Councils, kanker ovarium tidak harus menjadi “silent killer”. Ada sejumlah gejala yang harus diperhatikan oleh semua wanita. Lanjutkan membaca untuk mempelajari tanda-tanda ini yang paling penting.

Kembung

Pembengkakan sesekali atau selama siklus menstruasi Anda adalah hal yang normal. Tetapi pembengkakan sering tanpa alasan yang jelas dan tanpa bantuan dapat menjadi tanda kanker ovarium. Sangat penting untuk berbicara dengan dokter Anda jika Anda bengkak selama 2 minggu atau lebih.

Merasa sangat cepat

Hati-hati jika Anda merasa kenyang setelah makan lebih kecil dari ukuran rata-rata makanan yang biasa Anda makan. Penting untuk dicatat bahwa perasaan kenyang tidak sama dengan hilangnya nafsu makan.

Nyeri panggul atau perut

Ini adalah gejala khas dari PMS dan ovulasi. Namun, nyeri panggul kronis atau rasa sakit yang menyerupai kram menstruasi ketika tidak menstruasi adalah sesuatu tetapi normal.

Kebutuhan untuk sering buang air kecil

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk urinalisis, jika Anda memiliki kebutuhan yang sering atau mendesak untuk buang air kecil. Tes dasar ini dapat membantu mendiagnosa kanker ovarium atau kelainan lainnya.

Rasa sakit selama hubungan seksual, sakit perut, sakit punggung, sembelit, kelelahan, perubahan menstruasi, kembung dan penurunan berat badan adalah gejala lain kanker ovarium.

Wanita Kaukasia yang lebih tua dari 63 berada pada risiko terbesar kanker ovarium, menurut American Cancer Society. Jika Anda cocok dengan deskripsi ini, beri perhatian khusus pada tanda dan gejala di atas. Dan ingat, jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa, bicarakan dengan dokter Anda segera.

Kanker ovarium tahap awal jarang menyebabkan gejala apa pun. Kanker ovarium stadium lanjut dapat menyebabkan beberapa dan gejala nonspesifik yang sering keliru untuk kondisi jinak yang lebih umum, seperti sembelit atau usus yang mudah tersinggung.